Hei sobat semua! Apakah kalian pernah memikirkan untuk memulai peternakan ayam? Well, mungkin kalau takut sama kotoran, mungkin agak susah untuk bisa memulainya, hehe. Tapi tenang aja, sekarang ini sudah banyak kok tips-tips dalam memulai peternakan ayam yang bisa dipelajari. Dan ternyata, kalau peternakan ayam bener-bener dijaga dengan baik, bisa jadi sumber penghasilan yang menjanjikan loh!

Peternakan Ayam Bangko Import

Kita pertama-tama bisa melihat dari gambar di atas ya, ternyata peternakan ayam yang diimport dari luar negeri juga bisa dipelihara di Indonesia. Ada yang tertarik?

peternakan-ayam-import

Pasang Surut Peternakan Ayam di Indonesia

Memulai menekuni suatu hal memang tidak gampang. Salah satunya dalam peternakan ayam adalah memperhatikan pasang surut dalam bisnis ini. But worry not, karena ada tips lain yang bisa nemenin. Kalian tau ga kalo ternyata perencaan Jangka Panjang dalam hal peternakan itu sangat perlu? Inilah beberapa hal yang perlu divariasikan dalam pembuatan rencana pembangunan gerbang tersebut:

  1. Teknik Peternakan Ayam
  2. Persiapan Sarana dan Prasarana
  3. Manajemen Produksi
  4. Penanganan (handling) dan pengelolaan pupuk kandang (waste management)
pasang-surut-peternakan-ayam

Buku Manajemen Peternakan Ayam Petelur

Nah, kalau kalian mau yang lebih sistematis, bisa juga nih membaca buku manajemen peternakan ayam petelur! Wah, kayaknya bisa lebih mudah bisa mengatur semua urusan dengan mengacu ke buku tersebut. Tertarik untuk membelinya?

buku-manajemen-peternakan-ayam-petelur

Peternakan Ayam Kampung di Bogor

Salah satu jenis ayam yang saat ini lagi hype banget adalah ayam kampung. Selain karena rasanya yang enak, ternyata ayam kampung juga bisa dibudidayakan loh! Berikut ini adalah peternakan ayam kampung yang ada di Bogor. Yuk langsung aja kesana!

peternakan-ayam-kampung-bogor

Memulai Bisnis Peternakan Ayam

Wow, sepertinya bisnis peternakan ayam ini emang nih menjanjikan. Banyak juga ya peluang yang bisa kita dapatkan, contohnya kamu bisa menjual daging atau telur ayam tersebut. Nah, tapi gimana sih memulai bisnis peternakan tesebut? Yuk coba baca tips-tips di bawah ini :

  1. Persiapkan dan kembangkan rencana bisnis
  2. Cari tahu pasar potensial dan siapkan pemasarannya
  3. Atur sistem manajemen yang baik
  4. Pilih lokasi yang strategis dan memenuhi syarat peternakan
  5. Dapatkan modal yang sesuai dan sesuaikan dengan kebutuhan
memulai-bisnis-peternakan-ayam

Peternak Minta Jagung untuk Pakan Ternak Diprioritaskan

Hal lain yang perlu diperhatikan saat berbisnis peternakan ayam tentunya adalah ketersediaan pakan ternak yang memadai. Nah kalau kamu punya lahan pertanian dan mau mencoba membuat pakan dari hasil tanamanmu sendiri, itu bisa jadi langkah yang keren banget! Seperti yang dilakukan oleh peternak di foto ini ya, yang meminta jagung sebagai pakan ternak utama.

pakan-ternak-ayam

Perusahaan Peternakan Ayam di Jawa Tengah

Kalau gak punya lahan, gak punya modal, atau gak mau ribet, bisa juga nih gabung sama perusahaan peternakan ayam yang ada di sekitar kalian. Kita bisa langsung datang ke kantor pusatnya atau hubungi mereka melalui nomor telepon yang sudah disediakan. Wah, kayaknya jadi lebih gampang ya bisa punya sumber pendapatan dari bisnis peternakan ayam ini.

perusahaan-peternakan-ayam-jawa-tengah

Pasar Ayam Potong

Wah, tapi bukan cuma dengan menjual daging atau telur saja loh kita bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis peternakan ayam. Seperti yang bisa kita lihat di bawah ini, ternyata ada pasar untuk ayam potong juga! Yuk mulai coba eksplorasi hal lain yang bisa dilakukan dalam bisnis peternakan ayam.

pasar-ayam-potong

Merugi dengan Peternakan Ayam Petelur di Kota Malang

Akan tetapi, tentu saja bisnis apapun selalu memiliki resiko yang harus dihadapi dengan bijaksana. Seperti yang kita lihat pada berita tentang peternak ayam petelur di Kota Malang yang mengalami kerugian. Dalam contoh ini, penyebab kerugiannya adalah adanya persaingan yang ketat dari produk sejenis dan adanya pajak yang terlalu tinggi. Jangan khawatir, kita harus selalu berusaha mencari solusi dan cara untuk mengatasi segala halangan, ya!

peternak-ayam-petelur-malang

Itu dia sedikit tips dan ide dari saya, selamat mencoba ya! Jangan lupa, jaga kebersihan tempat peternakan agar semuanya tetap sehat dan berjalan lancar. Have a clucking great day!