Bagi pecinta peternakan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Ayam Joper. Ayam ini merupakan salah satu jenis ayam yang berkualitas dan memiliki beragam keunggulan. Tidak hanya itu, ternak Ayam Joper juga tergolong mudah karena cukup mudah dipelihara dan memiliki pasaran yang stabil. Apa saja kelebihan dan bagaimana cara memeliharanya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Ternak Ayam Joper



Ayam Joper disebut-sebut memiliki harganya yang cukup mahal. Namun, hal ini sebanding dengan keunggulannya. Ayam ini memiliki postur tubuh yang besar dan kaki yang kuat. Sehingga, sudah pasti Ayam Joper memiliki daging dan tulang yang besar. Selain itu, Ayam Joper juga mudah diolah menjadi olahan makanan; seperti ayam goreng, ayam bakar atau ayam geprek.

Keunggulan Ayam Joper

Selain postur tubuhnya yang besar, Ayam Joper juga memiliki keunggulan lain. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Ayam Joper memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Sehingga, ayam ini tergolong kuat dalam melawan penyakit.
  • Ayam Joper juga termasuk ayam yang cepat tumbuh. Dalam waktu 2 minggu, berat Ayam Joper sudah bisa mencapai 300 gram.
  • Daging Ayam Joper mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi. Sehingga, cocok dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa.

Cara Memelihara Ayam Joper

Berikut adalah tips dan cara memelihara Ayam Joper:

  • Pilih bibit Ayam Joper yang berkualitas. Pastikan bibit yang dipilih sudah melalui proses pemuliaan yang baik dan memiliki sifat yang baik pula.
  • Buat kandang Ayam Joper yang cukup luas dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Kandang Ayam Joper yang baik akan mempercepat pertumbuhan Ayam Joper, karena udara yang sehat dan bersih dapat memperkuat daya tahan tubuh Ayam Joper.
  • Perawatan Ayam Joper cukup mudah, yaitu dengan memberikan makan berkualitas dan memberikan minuman yang cukup.
  • Pastikan setiap hari membersihkan kandang Ayam Joper. Ini akan mempertahankan sirkulasi udara yang cukup dan mencegah terjadinya penyakit pada Ayam Joper.
  • Perhatikan masa bertelurnya Ayam Joper. Apabila sudah masuk usia bertelur, maka berikan pakan tambahan yang mengandung protein tinggi.
  • Setelah Ayam Joper dipetik, segera lakukan pemotongan bagian kepala dan kuku agar hasil Ayam Joper bisa lebih maksimal. Setelah itu, Ayam Joper siap untuk diolah menjadi makanan.

Ayam Joper memang tergolong hewan ternak yang mudah dan menguntungkan. Namun, tetap diperlukan perawatan yang baik agar hasil ternak Ayam Joper bisa optimal. Oleh karena itu, para peternak Ayam Joper harus cermat dalam memilih bibit dan menjaga kesehatan Ayam Joper.

Selain itu, peternak Ayam Joper juga harus mencari informasi terkait dengan cara mengintregrasikan dan mengembangkan usaha dari ternak Ayam Joper. Anda bisa mencari informasi terkait hal ini di forum-forum peternakan atau bertanya pada peternak Ayam Joper yang sudah berpengalaman dalam beternak Ayam Joper.

Dalam memelihara Ayam Joper, konsistensi dan kesabaran juga menjadi faktor utama. Pasalnya, Ayam Joper bisa saja terkena penyakit atau mengalami pertumbuhan yang lambat pada awalnya. Oleh karena itu, tetap tekun dan konsisten dalam merawat Ayam Joper seperti memberikan pakan dan memeriksa kesehatan Ayam Joper sangatlah penting.

Jangan lupa pula untuk mengatur pemotongan Ayam Joper. Pemotongan yang dilakukan dengan tepat akan menjadikan daging Ayam Joper lebih enak, kecil kemungkinan dirinasi apabila masih segar dan siap untuk diolah menjadi berbagai macam makanan.

Itulah informasi mengenai ternak Ayam Joper. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda para pecinta peternakan. Yuk, mulai peternakan Ayam Joper sekarang juga!